Sistem Golongan & Jabatan (Karir)

career-progression-on-resumeImplementsi sistem golongan yang terintegrasi dengan sistem karir merupakan kondisi yang diharapkan baik oleh karyawan maupun organisasi/perusahaan. Dengan sistem golongan-karir yang jelas, seorang karyawan akan lebih termotivasi untuk menunjukkan kinerja dan menguasai kompetensi yang disyaratkan, karena tahu bahwa karirnya tidak ditentukan oleh penilaian subyektif atasan atau manajemen. Dari sisi organisasi, sistem karir dengan dinamikanya yang obyektif akan mendukung bagi tersedianya suksesor2 yang berkualitas yang menjamin masa depan organisasi.

Sistem golongan (grading system) banyak digunakan organisasi untuk menentukan nilai dan jenjang jabatan. Jenjang jabatan yang didasarkan pertimbangan2 tanggungjawab, resiko kerja,kompleksitas dan tuntutan kerja, dan compensable factor yang lain akan memampukan terpeliharanya keadilan internal di dalam organisasi. Jabatan yang tinggi idealnya juga akan menempati strata atau tingkatan yang tinggi. Sebaliknya, jabatan dengan tanggung jawab, resiko, dan tuntutan yang rendah akan menempati strata/tingkatan yang rendah pula.

Dengan program ini kami akan membantu organisasi Anda untuk menyusun sistem golongan yang terintegrasi dengan sistem karir, kinerja, kompetensi, dan remunerasi. Aktifitas yang dilakukan akan mencakup :

  • Evaluasi jabatan
  • Penyusunan sistem golongan dan karir,
  • Penentuan mekanisme dinamika jabatan, promosi, mutasi, demosi
  • Penyusunan SOP

Metode evaluasi jabatan yang kami gunakan bersifat customized dengan referensi metode2 terkenal seperti Hay, Mercer, ataupun Watson Wyat. Kami akan mengidentifikasi faktor2 apa yang relevan digunakan sebagai faktor evaluasi untuk kondisi tertentu seperti yang dihadapi organisasi. Demikian juga dengan pendekatan atau metode yang digunakan, hal ini akan tergantung pada kesiapan SDM dan waktu yang ditentukan. Dari pengalaman kami membantu organisasi2 sebelumnya, pendekatan customized ini sangat efektif dan mendapatkan penerimaan yang tinggi ketika diimplementasikan.

Prev          Next

Enhancing People & Organization Values

error: Content is protected !!